Total

Jumat, 08 Agustus 2014

Pesona PUNCAK B29 Lumajang

Pada perjalanan mudik saya ke Kabupaten Lumajang tahun 2014 ini saya dipromosikan oleh om saya Om Musawalwi yang akrab disapa om sawal yang merupakan bapak dari sepupu saya Esa tentang Puncak B29 yang berada di desa Argosari Kec. Senduro Kabupaten Lumajang. Saya terkesan dengan cerita om saya tersebut tentang keindahan pesona alam Puncak B29 tersebut. Padahal sudah lama saya sering ke Lumajang dan baru kali ini mendengar cerita mengenai pesona alam Puncak B29, padahal rumah nenek (orang tua dari ibu saya) pun tidak terlalu jauh dari Kecamatan Senduro yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Pasru Jambe tempat nenek saya tinggal. Alhasil saking penasarannya pun saya memberanikan diri untuk melakukan perjalanan menuju Puncak B29 tersebut.

setelah menetapkan hari maka di hari rabu tanggal, 30 Juli 2014 pagi hari sekitar pukul 07.00 wib saya melakukan perjalanan menuju puncak B29 dengan menggunakan sepeda motor milik sepupu saya. Perjalanan pun saya mulai dari rumah nenek saya melewati pura Mandara Giri Semeru Agung kecamatan senduro yang merupakan pura tertua di nusantara.

kalau mau mampir silakan mampir kalau penasaran, atau bisa lajutkan perjalanan dari pure lurus akan bertemu persimpangan lanjutkan perjalanan dan belok kanan nanti akan ketemu persimpangan anda memilih jalur ke kiri dan lanjutkan setelah ambil ke kiri lurus ikuti jalur nanti anda akan ketemu persimpagan lagi tetapi anda juga harus ambil jalur yang kiri juga dan ikuti jalur sepanjang jalur ini tanjakan terus ngak ada turunan sama sekali tetapi sesampai di rumah penduduk dan jalan akan melewati kanan kiri hutan cuma kaya ladang penduduk sekitar tetapi rumah di sini jarang sekali dan bila malam gelap dengan alam yang seperti ini dan pemandangan yang bagus membuat anda akan merasa betah dan ingin datang lagi ke sini dan kesini jalan nanjak dan akan sampai di pohon besar setelah banyak tikungan dan setelah melewati semua itu kita berhenti sebentar kalau yang mau berhenti ada warung makanan kopi teh dll atau bisa lanjutkan perjalanan anda dan perjalanan terus berlanjut sebentar lagi sedikit nanjak ngk ada belokan ikuti saja arah jalan sampai ketemu dengan jalan di lajutkan untuk pergi ke pure silakanuntuk belok ke kiri atau mungkin bisa lanjutkan perjalanan ke atas tetapi tergatung kalian sendiri kalau jalan menuju b29 kita lanjut karena jalan yang di lalui sebentar lagi adalah turun dan naik setelah itu naik dan hati hati banyak sepeda yang ngak kuat di tanjakan terahir ini mungkin terlalu tinggi. setelah itu tanah liat tetapi hati hati saat hujan turun jalanya sangat licin , sehabis lewati jalan makadam yang tidak terlalu panjang juga treck makadam cukup 400 - 500 meter saja, maka kita ada di persimpangan tetapi kita dapat memilih jalur yang kiri dan kalau jalur yang kanan menuju ladang penduduk suku tengger . setelah ini jalanan landai tetapi dari tanah kalau habis hujan licin dan naik jalanya sedikit dan sampai di simpangan lagi kita ambil jalan naik atau belok kalau lurus sama saja kita akan kembali dan ikuti jalur dan perjalanan ke B29 di lajutkan dengan jalan kaki tetapi di lihat dulu , menurut saya mending jalan kaki karena jalanya juga lumayan susah bagi mereka yang pendatang , dan ikuti jalurnya kalau ada simpangan pilih yang kanan naik jangan sampai masuk ladang penduduk dan setelah jalan belok puncak B29 akan terlihat dari penitipan rumah kita jalan kurang lebih  2 -3 km saja dengan pemandangan yang bagus kita mungkin tidak akan merasa lelah , dan sampai di puncak B29 dan perjalanan menuju puncak 2900 mdpl ( B29 ) selesai.

jika kalian naik membawa sampah saya harap sampah yang anda bawa di turunkan ke bawah lagi jadi B29 tetap berseri dan terawat.

Jangan tinggalkan apapun selain jejak langkahmu.